ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI), DAN KOMPETENSI DASAR (KD) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Â
Key words: SKL KI KD Analysis, Knowledge Taxonomy, Psychomotor Taxonomy
Full Text:
PDFReferences
Analisis SKL KI KD, http://duniapendidikan.putrautama.id/analisis-skl-ki-kd/, akses tanggal 16 Oktober 2018.
Anderson, L. W et al. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dave, R. (1967). Psychomotor domain. Berlin: International Conference of Educational Testing.
Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
IPA Darmawan dan Sujoko, Edy. (2013). Revisi taksonomi pembelajaran benyamin s. Bloom, Satya widya vo. 29 no. 1 Juni 2013.
Kemendikbud, 2013. Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
________________, Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwati, E. Loeloek & Amri, Sofan. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Simpson, E.J. (1972). The classification of educational objectives in the psychomotor domain. The Psychomotor Domain. 3:43-56. Gryphon House.
Warsono, M. S. & Hariyanto, M. S. (2012). Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ryna Rachmawati