MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Abstract
This research was originated from students’ low learning outcomes and motivation in Mathematics Class VII-A MTs YI Rajamandala. Their average score is still below minimum criteria of mastery learning. The research objective is to improve mathematics learning outcomes on the Topic of One Variable Linear Equations and Inequalities. This research is a classroom action research conducted in 2 cycles, consisting of planning, acting, observing and reflecting. Data were analyzed using descriptive analysis. Based on the discussion and data analysis, it is concluded that; a) the initial conditions for students’ activeness and learning outcomes before Problem Based Learning model applied was low, b) there is an increase in student learning outcomes, in form of values and changes in learning motivation which consist of: seriously showing interest, trying hard to be available, and continuing to work until the task is completed, c) there is an increase in both activeness and learning outcomes after using Problem Based Learning model as much as 13%, from an initial average of 65% to 78% at the end of the cycle.
Â
Keywords: Â Learning Achievement; Learning Motivation; Problem Based LearningFull Text:
PDFReferences
Arief dkk. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Arnidha, dkk. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumath , Volume 4. No. 2, (2018) Hlm. 46-51 ISSN Cetak : 2356-2064 ISSN Online : 2356-2056.
Djamaludin, Muhammad. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate. Jurnal Penelitian Guru Bijak Online Vol. 1 No. 1 Edisi HUT RI (Agustus) 2018, ISSN 2512-5869 (Print).
Effendi, Kiki Nia Sania. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X dalam Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Volume 3 Nomor 1, Juni 2018 ISSN 2548-2297.
Firmansyah dkk. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika ISSN: 2338-2759 (print) https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat ISSN: 2597-9051 (online)
Fitriani, Melli. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi pada Siswa di SMA Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017.
Gunawan dan Darmani. (2016). Model dan Strategi Pembelajaran Aktif & Menyenangkan. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.
Gunantara, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).
Hasanah, Heni. (2019). Creative Learning Alternatif Model Pembelajaran Penguatan Karakter. Bandung. Thursina Mediana Utama.
Heryanto, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar di Kelas VII A SMP Labschool UNTAD Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 6 Nomor 1, September 2018.
Huriyanti dan Rosiyanti. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 3 No. 1 Bulan Juni Tahun 2017
Jatmiko. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015
Kurniasih, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif dengan AfL melalui Strategi pemberian Balikan untuk Meningkatkan Perhatian Siswa terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.II No.1 Januari 2018. ISSN 2614-0357.
Marjuki. (2020). 181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mashuri, dkk. (2019). Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (2), 2019, 112-125. Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras
Maulia, dkk. (2018). Jenis-jenis Pertanyaan yang Diajukan Guru Berdasarkan Maksud dan Dimensi Kognitif Revisi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 1 Gomolong. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.II No.1 Januari 2018. ISSN 2614-0357.
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mujahidin, Firdos. (2017). Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Nasrudin, dkk. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP, Journal of EST, Volume 3 Nomor 2 Agustus 2017 hal. 113-121. p-ISSN:2460-1497 dan e-ISSN: 2477-3840.
Nurhayati, Siti. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran Bahasa Inggris MTs. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, Volume IX Nomor 25 Tahun 2015. ISSN: 2085-4005.
Nurmuiza, dkk. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2015.
Saputra, Edy. (2018). Melihat Motivasi Belajar Matematika Siswa dari Kompetensi Guru Selama Pembelajaran . Jurnal As-Salam, 2(2) Mei - Agustus 2018. (Print ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593)
Saragih, Ana. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp Volume 2 Nomor 2, Desember 2019. P-2655-710X e-ISSN 2655-6022.
Syarifah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika di Sekolah SMAN 1 Curup Timur T.P 2015/2016 . Jurnal EduTech Vol. 2 No. 2 September 2016 ISSN: 2442-6024 e-ISSN: 2442-7063
Situmorang dan Samosir. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantau Selatan. Jurnal Inspiratif, Vol. 4, No. 1 April 2018.
Surya, Yenny Fitra. (2017), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 1, Mei 2017. 38-53, ISSN 2579-9258.
Yunia, dkk. (2019). Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Lingkaran. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol. 9, No. 4, December 2019, pp. 315-324 p-ISSN: 2088-351X e-ISSN: 2502-5457 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i4.3650
Tomas dan Prasetyo. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL_ terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume 03, Nomor 01, Maret 2020, Hal. 13 -18 http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda e-ISSN: 2623-0232 ; p-ISSN: 2623-0941
Warti, Elis. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016. ISSN 2086 4280. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.jurnalmtk.stkip-garut.ac.id
Yusri, Andi Yunarni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 7, Nomor 1, Januari 2018. p-ISSN: 2086-4280;e-ISSN:2527-8827.
DOI: https://doi.org/10.38075/tp.v14i2.121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syaadah Aisyah Nurjanah, Asih Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.